Ini Alasannya Kita Perlu Minum Kopi

Home / Gaya Hidup / Ini Alasannya Kita Perlu Minum Kopi
Ini Alasannya Kita Perlu Minum Kopi ILUSTRASI - Manfaat Minum Kopi (FOTO: newsnation)

TIMESSORONG, JAKARTAKopi menjadi minuman favorit banyak orang. Kopi sering diminum baik saat bersantai maupun saat sedang bekerja. Sebenarnya, seberapa pentingnya manfaat kopi hingga banyak orang senang minum kopi? Dilansir dari Prevention, ini alasan perlu minum kopi.

1. Meminimalkan Risiko Kanker
Berdasarkan penelitian British Medical Journal (BMJ), ada lebih dari seribu senyawa dalam kopi yang mengandung senyawa antiinflamasi dan antikanker. Biji kopi mengandung antioksidan pencegah radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker.

2. Mencegah Diabetes
Para peneliti dari Harvard University percaya bahwa minum kopi dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Menurut analisis yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care tersebut, makin banyak orang minum kopi, makin kecil kemungkinan mereka untuk mengembangkan diabetes.

3. Mengurangi Risiko Demensia
Selama satu dekade terakhir, sebuah penelitian menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan risiko demensia yang lebih rendah. Diperkirakan bahwa kandungan kafein yang tinggi dari kopi bertanggung jawab atas fungsi otak.

4. Melindungi Jantung
Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan pada April 2018 menunjukkan bahwa minum kopi dapat benar-benar mengurangi frekuensi fibrilasi atrium hingga 13 persen. Selain itu, riset BMJ membeberkan bahwa orang yang minum kopi 19 persen lebih kecil terkena penyakit jantung dan 30 persen lebih kecil kemungkinan meninggal karena stroke.

Penjelasan di atas mengungkapkan alasan perlu minum kopi. Namun, meski kopi memiliki manfaat untuk tubuh, jangan berlebihan minum kopi. Selain itu, jika kadar asamnya mengganggu lambung serta sistem pencernaan, konsultasikan dengan dokter. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com