Semarak Isra Miraj Ala Santri di Jember

Home / Berita / Semarak Isra Miraj Ala Santri di Jember
Semarak Isra Miraj Ala Santri di Jember Peserta pawai obor Isra Miraj yang digelar mahasiswa IAIN Jember. (FOTO: Siti Mukifah/TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, JEMBER – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur dari Pondok Mahasiswa Entrepereneur Nurul Islam II Jember ikut menyemarakan Isra Miraj pada Jumat malam (20/4/2018). Bersama kalangan santri, mereka mengarak obor berkeliling kawasan kampus IAIN Jember di Karang Mluwo, Mangli, Kaliwates, Jember.

Tudak hanya diikuti mahasiswa dan santri, masyarakat dewasa hingga kecil, tua, muda turut ikut meramaikan kegiatan tersebut. Seluruh peserta berbaris rapi dan memanjang sembari mengarak obor yang telah disiapkan oleh panitia. Pada baris paling awal, diiringi oleh alunan sholawat yang dipimpin oleh para santri dan diikuti oleh peserta.

Seusai mengelilingi wilayah Karang Mluwo, peserta mendapat undian berhadiah menarik seperti sepeda, kompor, kipas angin, setrika, dan hadiah menarik lainnya. Selain itu, panitia juga memberikan sembako kepada warga yang kurang mampu dan anak yatim.

Lumhatul Hidayah selaku ketua penyelenggara mengaku bahwa acara ini memang sengaja dikemas berbeda untuk meningkatkan semangat para santri dalam memperingati Isra Miraj.

"Kami ingin mengajak teman-teman mengingat rasul dengan cara yang berbeda. Supaya mereka tidak bosan," kata Hidayah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Edi Purwanto selaku Ketua Umum Santri Putra Nuris II. Dia mengatakan bahwa acara tersebut merupakan terobosan baru dalam membangun nilai-nilai Islam melalui kegiatan yang di kemas secara menarik dan tidak membosankan, serta dikemas dengan bakti sosial.

"Tak melulu hanya dengan ceramah, pawai obor yang di sepanjang jalan kami sholawatan, itu bagus menanamkan kecintaan kita kepada Rasulullah," kata Edi

Selain itu, bantuan anak yatim dan kaum duafa juga menjadi kegiatan yang dinantikan masyarakat.

"Ada penanaman nilai kecintaan kepada Rasulullah, juga nilai bersedekah serta peduli terhadap anak yatim dan duafa," tambah Edi

Ia juga berharap acara ini dapat menanamkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat secara sukarela tanpa ada unsur paksaan. 

"Dengan pawai obor Isra Mi'raj, suasana hati akan menjadi senang. Dalam kondisi jiwa senang itu orang gampang menerima pesan," ucap Edi. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com