Pilkada Kota Malang 2018

Peninggkatan Jumlah RTH Kota Malang Masuk Program Menawan

Home / Berita / Peninggkatan Jumlah RTH Kota Malang Masuk Program Menawan
Peninggkatan Jumlah RTH Kota Malang Masuk Program Menawan Calon Wakil Wali Kota Malang, Ahmad Wanedi saat blusukan di Pasar Bunga Kota Malang (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, MALANG – Pasangan calon Kepala daerah Malang Ya'qud Ananda Gudban dan Ahmad Wanedi (Pasangan Menawan), memberi perhatian khusus Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Malang,yang dimaksukkan dalam program kampanyenya 25 Aksi Menawan.

Calon wakil walikota Malang nomor urut 1 Ahmad Wanedi menyampaikan, masalah ketersediaan RTH telah diprogramkan olehnya bersama Mbak Nanda dalam 25 program unggulan mereka.

"Itu sudah masih dalam program kita. Saat blusukan saya dan Mbak Nanda selain menyapa warga, kami sekaligus mencari kemungkinan-kemungkinan tempat di masyarakat yang ada ditiap kelurahan untuk kita jadikan sebagai ruang terbuka hijau bagi masyarakat," kata Wanedi

Wanedi mengungkapkan penerapan green government menurut juga penting untuk dilakukan sehingga setiap kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah harus mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan.

"Pembangunan juga harus memperhatikan dampak terhadap lingkungan. Itu bisa terjadi kalau punya regulasinya," tambahnya.

Menurutnya saat nanti menjabat, di setiap wilayah dan kelurahan harus ada ruang terbuka dimana masyarakat bisa berkumpul bersama dan bersosialisasi mengembangkan bakat mereka.

"Aset yang dimiliki pemerintah yang ada ditiap-tiap wilayah juga akan kita manfaatkan, semuanya kan demi kemaslahatan masyarakat," katanya

Sementara itu menurut, data dari Dinas Perumahaan dan Kawasan Permukiman (Diperkim) Kota Malang menunjukan bahwa hingga akhir 2017 ketersediaan RTH hanya mencapai angka 17 persen.

Ketersediaan RTH tersebut dianggap masih sangat kurang, karena berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PU No. 05/prt/m/2008 tentang pedoman penyediaan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan disebutkan bahwa jumlah RTH suatu wilayah minimal 30 persen dengan pembagian 20 persen RTH publik dan 10 persen privat.

Dari perbandingan data ini menunjukan  bahwa pemerintah Kota Malang masih memiliki tugas rumah khususnya dalam penambahan RTH bagi masyarakat. Hal itulah yang menjadi salah satu focus dari program yang akan dijalankan pasangan Nanda-Wanedi (Pasnagan Menawan).(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com