Hari Kartini 2018

Gaya Seru Rektor Unitomo Masak Nasgor di Hari Kartini

Home / Berita / Gaya Seru Rektor Unitomo Masak Nasgor di Hari Kartini
Gaya Seru Rektor Unitomo Masak Nasgor di Hari Kartini Rektor dan dosen Unitomo beradu kepiawaian memasak nasgor memperingati Hari Kartini, Jumat (20/4/2018). (FOTO: Lely Yuana/ TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, SURABAYA – Peringatan Hari Kartini di Universitas Dr Soetomo (Unitomo) yang jatuh tiap tanggal 21 April terlihat berbeda. Puluhan bapak - bapak sibuk beradu dengan bumbu dapur dan peralatan memasak untuk menghasilkan nasi goreng (nasgor) yang lezat.

Diikuti oleh seluruh dosen dan karyawan Unitomo, lomba membuat nasgor dalam waktu 30 menit berlangsung seru. Terlebih gaya ala chef yang ditampilkan Rektor Unitomo, Bachrul Amiq, mendapat applaus dari penonton dan istri tercinta.

Dengan sigap, bapak - bapak memasukkan bumbu dapur, telur serta nasi putih ke dalam wajan penggorengan yang telah diolesi minyak panas. Tidak hanya uji kecepatan saja, teknik penyajian dan rasa juga dinilai oleh juri.

"Paling susah meracik bumbunya," ujar Bachrul Amiq usai menyelesaikan tantangan, Jumat (20/4/2018).

Diakui Rektor yang juga berulang tahun tepat di Hari Kartini ini, beliau biasa membantu sang istri memasak saat senggang.

"Ya saya biasa membantu memasak istri," tuturnya.

Ia berharap dengan lomba seperti ini, kaum pria bisa turut merasakan peran perjuangan wanita dalam keluarga.

Terlebih di era modern seperti sekarang di beberapa negara masih ada perbedaan hak antara kaum pria dan perempuan, seperti pembatasan meraih pendidikan, karier, maupun kedudukan hukum.

Masak-Nasgor-2.jpg

Indonesia lebih beruntung dengan keberadaan RA Kartini pada zamannya, tokoh kaum wanita yang mencetuskan kesetaraan gender, dan hasilnya bisa dilihat sekarang ini.

Gagasan RA Kartini yang mulia menginspirasi kaum perempuan dan  bertekad untuk melanjutkan cita-citanya. 

Kegiatan yang dipelopori oleh Ikatan Wanita Universitas Dr. Soetomo (IW Unitomo) di teras Gedung A (Rektorat) kampus Unitomo tersebut sebagai upaya mendorong semangat para wanita untuk selalu berkarya. 

"Jadi ibu ibu tidak hanya masak di rumah, yang memiliki kesempatan untuk membuka peluang karir harus tetap optimis," ujar Doktor bidang Ilmu Hukum ini.

Menurut Ketua Harian IW Unitomo, Safrin Zuraida kegiatan bertema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Potensi Perempuan di Indonesia” ini diharapkan mampu meneruskan perjuangan R.A Kartini. 

"Kegiatan ini merupakan upaya kaum wanita Indonesia meningkatkan perannya bagi lembaga dan negara. Akan tetapi tidak meninggalkan kodratnya sebagai istri, dirumah sebagai pendidik anak-anak," ungkap Dosen Teknik Sipil Unitomo ini.

Ditemui di sela kegiatan, Ketua Pelaksana, Sri Oetami Madyowati mengatakan kegiatan peringatan Hari Kartini terdapat serangkaian acara yang meliputi donor darah, lomba memasak nasi goreng yang dilakukan bapak-bapak, berbusana kebaya Nasional serasi dan menyuap pisang. 

"Kita akan melihat keseruan bagaimana bapak-bapak yang biasanya di rumah tinggal makan, disini akan diminta masak. Kalau wanita yang masak kan sudah biasa, tapi kalau bapak-bapak yang masak ini baru luar biasa," pungkasnya. 

Aneka lomba digelar menyambut Hari Kartini 2018salah satunya lomba memasak untuk bapak-bapak yang digelar Universitas Dr Soetomo (Unitomo)(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com