KPU Kabupaten Malang Tetapkan Ada 1.966.373 DPT untuk Pilgub Jatim

Home / Berita / KPU Kabupaten Malang Tetapkan Ada 1.966.373 DPT untuk Pilgub Jatim
KPU Kabupaten Malang Tetapkan Ada 1.966.373 DPT untuk Pilgub Jatim Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko menyerahkan berita acara DPT kepada Ketua Panwas MohamAd Wahyudi.(FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, MALANG – Rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih di Kabupaten Malang dalam Pilgub dan Wagub Jatim 2018, KPU Kabupaten Malang memastikan 1.966.373 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 223 pemilih tidak masuk dalam data base.

Setelah selesai rapat pleno dan jumlah itu ditetapkan, Santoko beserta selueuh komisioner KPU menandatangani berita acara penetapan. Beberapa saat kemudian berita acara itu diserahkan ke Panwas dan Tim Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dalam Rapat pleno terbuka rekapitulasi pemilih sementara hasil perbaikan tingkat Kabupaten Malang untuk ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap dalam Pilgub dan Wakil Gubernur Jawa Timur itu, dihadiri pula oleh Panwas dan Tim Pemenangan kedua calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan pihaknya sudah melakukan verifikasi secara ketat hingga detik-detik terakhir sebelum jumlah daftar pemilih itu ditetapkan. Banyak hal yang melatarbelakangi dipastikannya 233 orang yang semula jumlahnya 417 itu tidak masuk dalam DPT.

KPU-Kabupaten-Malang-B.jpg

Diantaranya ada yang sudah meninggal, warga kabupaten Malang pindahan dari  daerah lain tapi belum memiliki dokumen administrasi kependudukan di Kabupaten Malang, belum rekam e-ktp dan sebagainya.

"Setelah DPS ditetapkan 15 Maret 2018 lalu, kami terus melakukan pencermatan dan verifikasi sampai saat ini. Kami juga tetap akan mengakomodir kalau-kalau ke depan ini misalnya ada perubahan jumlahnya misalnya ada anggota TNI-Polri yang pensiun sebelum pelaksanaan Pemilu tentu kan juga punya hak pilih dengan catatan memiliki e-KTP," tuturnya.

Namun yang jelas, kata Santoko, KPU tidak akan mencoret mereka yang punya hak pilih dan tidak masuk dalam DPT apalagi mengurangi DPT. "Kami hanya akan mencoret yang sudah meninggal saja," tegasnya.

Sementara Ketua Panwas, Mohammad Wahyudi usai rapat pleno tetap mengingatkan agar KPU benar-bener mencermati keberadaan 417 orang itu agar hak setiap warga itu terlindungi.

"Karena itu hari ini Panwascam, PPL telah saya perintahkan untuk mencermati secara faktual 417 orang itu. Sehingga betul-betul sampai mereka tidak terbukti tidak memiliki data teradministrasi di kependudukan Kabupaten Malang," kata Wahyudi.

Semula memang KPU Kabupaten Malang mendapatkan data lebih dari 66 ribu pemilih potensi. Kemudian dalam perjalanan waktu lewat proses verifikasi detail tinggal 417 yang masih belum ditemukan kepastiannya. Finalnya, sudah ada 1.966.373 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk di KPU Kabupaten Malang(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com