Menteri Desa PDTT Tunggu Data Sensus Podes BPS

Home / Berita / Menteri Desa PDTT Tunggu Data Sensus Podes BPS
Menteri Desa PDTT Tunggu Data Sensus Podes BPS Kemendes PDTT, Eko Putro Sandjojo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, JAKARTAMenteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan, capaian realisasi pertumbuhan ekonomi desa lewat skema padat karya yang dananya dari kucuran dana desa APBN masih menunggu data dari sensus Pendataan Potensi Desa (Podes).

Menteri Eko mengatakan, bahwa selama ini pihaknya hanya mengetahui capaian realisasi itu dari survei-survei yang samplingnya terbatas.

"Data kita kan cukup terbatas, tapi kalau lihat data dari ITB dan UGM realisasi dana desa untuk pertumbuhan ekonomi desa cukup signifikan. Tapi untuk jelasnya, kita masih menunggu sensus Pondes 2018 dari BPS," ujarnya.

Eko menduga bahwa dampak signifikan itu utamanya didorong oleh pembangunan infrastruktur yang masif.

"Faktornya kan banyak, pembangunan infratruktur kita sangat masif. Sekarang kita masih fokus kesitu. Ke depan akan ada pembenahan kualitas sumber daya manusia di desa," sebut dia.

Pembangunan infrastruktur dari dana desa di tiga tahun terakhir memang sangat masif, salah satunya pemerintah bersama warga desa telah berhasil membangun jalan desa sepanjang 123 ribu Km, jembatan 791 ribu meter, pasar desa 5.200 unit, serts BUMDesa 26.070 unit kegiatan.

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com