Bayi Lahir Kembar Siam di Probolinggo, Ini Penyebabnya

Home / Berita / Bayi Lahir Kembar Siam di Probolinggo, Ini Penyebabnya
Bayi Lahir Kembar Siam di Probolinggo, Ini Penyebabnya Bayi kembar di RSUD Tongas di Kabupaten Probolinggo (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, PROBOLINGGO – Kasus bayi lahir kembar siam di ProbolinggoJawa Timur, bisa saja terjadi. Dimana 90 persen penyebab utamanya adalah faktor keturunan. Entah dari kakek, nenek, keluarga ibu atau ayah. Secara teoritis, bayi kembar siam berasal dari satu telur dan satu sperma, atau monosigot.

Pakar RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Dr. Agus Harianto mengatakan, monosigot itu kemudian membelah sendiri, tanpa ada pengaruh atau efek dari hal lainnya.

Dengan istilah lain, disebut disigot. Setelah disigot, sel tersebut akan berkembang ke stadium blastomere membelah sempurna, dan harusnya menjadi dua individu yang lengkap, Kamis (19/4/2018).

Tetapi, untuk kasus kembar siam, pada waktu usia kehamilan lebih dari 10 hari sampai 14 hari, sel tersebut tidak mau memisah. Penyebab tidak berpisahnya sel tersebut, hingga kini belum diketahui tim dokter. Sehingga terjadilah kelahiran bayi kembar siam. 

“Namun yang menyebabkan tidak memisah atau terus melengket itu yang kami tidak tahu. Sehingga jadilah kembar siam seperti kasus yang ada di RSUD Tongas,” Kata Agus kemudian.

Secara geografis, kembar siam terbukti paling banyak di daerah Jawa Timur. Bahkan kasus lahir kembar siam mencapai 75 persen. Serta mayoritas berjenis kelamin wanita.

Masih menurut Agus, bayi kembar siam dapat diketahui ketika dalam kandungan. Di rentang usia kehamilan antara 12 hingga 16 minggu. Melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) Trasnvaginal. Seperti USG periksa jantung.

“Jadi alat itu dimasukan ke dalam vagina. Sehingga dapat diketahui, apakah termasuk jenis kembar siam atau bukan. Jenis kembar siam seperti apa? Apakah bisa diselamatkan atau tidak. Jika memang jenis kembar siamnya tergolong tidak bisa diselamatkan, atau tidak bisa hidup, lebih baik di terminasi (diakhiri kehamilanya),” pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com