Relawan Jokowi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Perempuan

Home / Berita / Relawan Jokowi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Perempuan
Relawan Jokowi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Perempuan Seorang ibu menjalani pemeriksaan kesehatan , di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kamis, (19/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESSORONG, LAMONGAN – Forum Komunikasi Relawan Jokowi (FKRJ) Lamongan, Jawa Timur, memberikan menggelar bakti sosial peduli kesehatan perempuan, di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Kamis, (19/4/2018).

"Kegiatan ini salah satu bagian dari mewujudkan nawacita Jokowi, karena sampai saat ini desa-desa pinggiran dan lain sebagainya itu belum tahu sepenuhnya, maka relawan Jokowi memfasilitasinya,” kata Koordinator FKRJ Lamongan Miftahul Rochim.

Baksos yang digelar bersama FKRJ Jawa Timur ini, memberikam IVA Test dan Pemeriksaan Payudara (Sadari) kepada 200-an perempuan dari di Desa Balun dan beberapa desa di sekitarnya.

“Bagaimana program untuk tes IVA dan kanker serviks ini sampai menyeluruh sampai ke pojok desa,” ucap Mifta. Pemeriksaan tersebut sebagai respon atas tingginya angka penderita kanker serviks.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, Gerakan peduli kesehatan perempuan ini memiliki target utama ke buruh migran perempuan yang berada di pinggiran daerah.

“Buruh migran yang telah kembali dari bekerja di luar negeri, serta masyarakat perempuan pinggiran, karena keterbatasan pengetahuan dan keterbatasan fasilitas kesehatan," ujarnya Mifta.

Menurut Mifta gerakan baksos ini tak hanya berhenti di Lamongan saja, tapi akan bergulir ke kabupaten/kota lainnya yang peduli dengan kesehatan reproduksi, seperti Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Trenggalek.

"Harapannya dengan kegiatan FKRJ Lamongan dan FKRJ Jawa Timur ini mampu memicu masyarakat untuk lebih peduli kesehatan perempuan. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com