Awas! Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Dehidrasi

Home / Gaya Hidup / Awas! Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Dehidrasi
Awas! Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Dehidrasi ILUSTRASI - Dehidrasi (FOTO: Klikdokter)

TIMESSORONG, JAKARTADehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan organ, sel, dan jaringan pada tubuh tidak berfungsi dengan baik. Dehidrasi disebabkan oleh berbagai hal, seperti keringat berlebih, diare, juga kuranh minum. Selain itu, beberapa kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi penyebab dehidrasi.

Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut enam kebiasaan yang dapat menyebabkan dehidrasi.

1. Minum minuman beralkohol

Selain dapat memabukkan, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan meningkatkan pembakaran dan reaksi kimia yang membuat air dalam tubuh justru keluar. Misalnya lewat keringat.

2. Mengonsumsi minuman bersoda

Terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman bersoda akan menyerap elektrolit dalam tubuh, sehingga tidak heran setelah minum minuman bersoda Anda akan semakin haus.

3. Sering minum teh dan kopi

Teh dan kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik atau menarik cairan dari dalam tubuh. Karena itu, Anda pasti pernah merasa lebih sering ke toilet jika mengonsumsi kedua minuman ini. Jika terlalu sering mengonsumsi kafein, tubuh akan kehilangan cairan lebih banyak lewat produksi urine.

4. Melakukan diet rendah karbo

Karbohidrat tersimpan di dalam tubuh bersamaan dengan cairan. Inilah mengapa Anda akan kehilangan beberapa pon berat air ketika melakukan diet rendah karbo. Mungkin diet ini tampak bagus pada timbangan, tapi tidak untuk kadar hidrasi.

5. Stres

Ketika stres, kelenjar adrenal akan mengeluarkan hormon stres. Ujung-ujungnya, hal ini akan membuat produksi hormon aldosteron menurun sehingga memicu dehidrasi dan kekurangan elektrolit.

6. Kurang makan buah dan sayur

Banyak dari buah dan sayur kaya akan air sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Jika Anda kurang makan buah dan sayur, dan tidak mengompensasinya dengan minum banyak air, Anda akan rentan terkena dehidrasi. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com