Indikator
  • Undercontruction

Hasil Pilkada 2018 Mengubah Arah Politik Pilpres 2019

Home / Politik / Hasil Pilkada 2018 Mengubah Arah Politik Pilpres 2019
Hasil Pilkada 2018 Mengubah Arah Politik Pilpres 2019 Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

SORONGTIMES, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menilai, hasil Quick Qount Pilkada Serentak 2018 yang diikuti oleh 171 Provinsi dan Kabupaten atau Kota, akan merubah peta politik Pilpres 2019.

"Tentu akan pengaruh. Tergantung kombinasi capresnya kayak apa dan partai pendukungnya seperti apa. Akan sangat pengaruh saya kira," ujar Zulkifli di Senayan, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Faktor penyebab rubahnya arah politik, kata dia, didasarkan pada hasil Pilkada kemarin, dimana masyarakat lebih cenderung melihat figur partai dibandingkan partai pengusung.

"Pilkada kemarin menunjukkan bahwa figur itu penting, boleh saja (masyarakat) tidak suka dengan partai tapi kalau figurnya suka orang tetap pilih. Jadi figur itu yang menentukan," terangnya.

Oleh karena itu, dia mewanti-wanti agar petinggi parpol benar-benar menghitung dengan cermat jagoan yang akan mereka usung.

"Hasil Pilkada ini memetakan basis-basis dukungan. Oleh karena itu, saya kira memang Capres-capres harus betul-betul menghitung secara cermat," tukasnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com